Kamis, 21 Mei 2009

D’lajang’Z part 4 : RUWET


Pernah ga, denger seorang temen pria berkata aku tuh pemalu sama perempuan... Atau, apa? Aku bicara sama temen cewekmu di telpon? Gak ah, aku malu...


Pas ada sahabat saya yang curhat tentang teman prianya di kantor dan mengatakan hal yang sama , saya langsung merasa... woow sepertinya dia tuh tipe pria palyboy de! Kenapa saya bilang begitu? Itu karena jaman kuliah kemaren (maksudnya bertahun-tahun kemaren hehe), saya juga sering mendenger temen pria saya mengatakan hal itu kepada temen perempuan yang baru dikenalnya atau yang dia pikir si perempuan juga ada ”hati” sama dia. Padahal saya tau kalau dia sudah punya pacar, 2 orang pacar, atau bahkan diam-diam akan menikah.


Terus, gimana tanggapan sahabat saya tentang pengalaman saya tersebut? Antara percaya, syok, dan tidak ingin percaya... memangnya dia lagi ada hati sama tuh pria? (saya ga menyebut cowok, karena bagi saya istilah cowok sebenernya lebih tepat untuk anak sekolahan, meskipun sebenarnya apa yang sedang dialami oleh sahabat saya ini juga seperti anak sekolahan hehehe).


..................


”Apa? Aku suka sama dia?? Keanya gak de? Aku tuh cuma penasaran aja sama dia ke??” Bantahnya ketika kami berempat yaitu dia, saya, Rika dan Lili hang out Sabtu siang di sebuah restoran fast food.


”Penasaran apa? Memangnya dia berbuat apa sampe kamu penasaran sama dia? Bukannya kemaren kamu cerita sama aku kalo dia uda punya pacar? Ato bahkan sekarang uda mo jadi calon istri?? Udalah.. lupain aja! Kita tuh uda dewasa... bukan waktunya lagi maen penasaran-penasaran sama cowok kea anak sekolahan...”


”Ike, sekali lagi aku tegasin ni yah, aku cuma PENASARAN sama dia! Aku ga da niat ko jadi pacarnya! Kebayang aja gak? Karena aku tahu, aku bukan tipenya dan mungkin dia juga bukan tipeku??”


”Kamu bilang MUNGKIN? Jadi dia masih bisa masuk kriteriamu dunk?? Hayoooo...” Sanggah saya.


”Iyah tuh, kalo jodoh sapa yang tau? Lagian kalo kamu memang ga da niat jadi pacarnya, terus buat apa si susah-susah menghadapi dia? Bener kata Ike tuh, uda ga jaman lagi gitu-gituan...” Seloroh Rika.


”Uda de, kalian dengerin dulu ceritanya...” Lili menengahi.


”Iya nih kalian! Jadi gini, dulu tuh pas dia masih pegawai baru di kantorku, kami sempet deket? Dalam tanda petik lho yah... Aku dulu sempet suka sejak pertama kali kenal sama dia –okeh okeh kalian boleh menghajarku- dan aku juga sempet ngerasa kalo waktu itu dia juga suka sama aku. Tapi aku mencoba menepis perasaanku! Karena aku takut kalo itu cuma perasaanku aja, secara waktu itu aku juga lagi jomblo abis...


”Cuma gara-gara itu yang bikin kamu sebegitu penasarannya sama dia? Ga jelas de? Uda.. Hapus dan lupain aja sekalian? Ruwet betul sih?” cetus Rika.


”Gak Ri! Gak hanya itu. Aku juga ngerasa bersalah tiap kali ingat perbuatan-perbuatan konyolku hanya karena aku berusaha keras untuk menutupi perasaanku sama dia? Tanya Ike de, gimana waktu itu aku........”


Sementara sahabat saya berusaha ngejelasin masalahnya sebelum minta pendapat ke kedua sahabat saya lainnya, saya jadi teringat ceritanya ketika awal dia bertemu dengan pria itu. Bagaimana dia berusaha menepis dan menyembunyikan perasaannya, karena dia tidak mau patah hati untuk yang kedua kalinya. Saya ingat ketika dia bingung dengan pikirannya sendiri dan habis-habisan mengatakan kepada teman-temannya di kantor kalo dia menyukai orang lain hanya untuk menepis anggapan mereka yang mulai curiga padanya dan bagaimana dia memaksa sahabat prianya untuk pura-pura jadi pacarnya dan menemaninya setiap ada acara khusus di kantornya. Bukannya tidak mau, tapi sahabat prianya tahu kalau sebenarnya dia jatuh cinta sama teman kantornya itu, tapi dia tidak mau mengakuinya. Dan apa yang dia lakukan sebenarnya telah menyakiti hatinya sendiri.


Saya juga ingat betapa paniknya dia setiap kali habis bersikap ketus pada pria itu (tentu saja karena dia berusaha menutupi perasaannya) dan betapa sangat merasa bersalahnya dia ketika suatu hari pria itu berkata kenapa sih, kamu kayaknya jijik banget sama aku? ...

Saya tahu apa yang dia lakukan sebenarnya sangat gak banget untuk ukuran perempuan dewasa. Saya pikir, meski bukan baru kali ini dia mengenal dan jatuh cinta pada seorang pria, tapi saya yakin sebenarnya baru kali ini dia mengenal first love hanya mungkin pada waktu dan tempat yang salah?? Tapi tidak ada yang salah pada cinta kan?


”That’s it! Aku hanya pengen mengakhiri rasa penasaran dan bersalahku sama dia? Istilah sederhananya begini, aku hanya ingin mengembalikan segelas air yang dia taruh dimejaku entah dia sengaja atau gak sengaja dia tinggalkan di mejaku. Jadi kalo ternyata dulu dia memang ga da ”rasa” sama aku, okeh aku tenang... segaknya sikapku kemaren ”bener” donk dengan ketus sama dia? Berarti memang aku yang keGRan... Nah tapi kalo ternyata dulu dia juga sebenernya suka sama aku, aku hanya pengen minta maaf sama dia dan ingin dia tahu kalo sebenarnya aku dulu juga suka sama dia... thats all!! Dan aku ga niat ko jadi pacarnya apalagi ngerebut dia dari pacarnya yang sekarang.. Gak sama sekali!! Aku tahu ko dia sekarang uda bahagia sama pacarnya. Aku cuma pengen sekedar mampir dan ngembaliin segelas air yang pernah dia tinggalkan di mejaku... Itu saja... Beneran... Hanya ingin sedikit menghapus rasa bersalah gara-gara perbuatanku sendiri padanya... Tiap kali melihat dia dikantor terus teringat kata-katanya kenapa sih, kamu kayaknya jijik banget sama aku? Aku ga jijik... Aku hanya ingin dia tahu... ” ujarnya sambil menghela napas.


”Aku tahu dari ceritaku yang berputar-putar tadi keanya aku tuh egois karena seringkali bilang, aku ingin aku ingin... Maksudku...”


”Iyah kami ngerti ko maksudmu... Ga usah dijelasin lagi, tar tambah muter-muter lagi... rasanya ni sel-sel otak kami jadi kacau hehehe”


”Ugh kalian...”


Jadi sahabat saya itu berniat menyudahi pemikiran-pemikiran yang dia anggap sangat childish dan gak banget ituh –sekalian sebagai salah satu resolosinya di taon 2009 ini- dan menebusnya dengan memberikan sesuatu sebagai kenang-kenangan terselubung padanya. Pas banget ketika dia sadar kalo pria itu juga punya hobi yang sama dengan Lili, berburu koleksi novel langka. Dan Lili dengan senang hati membantu mengenalkannya dengan pedagang novel-novel langka langganannya.


..................................


”Jadi gitu ke, dia penasaran aku dapat dari mana tuh novel? Aku bilang aja dapet dari temenku... terus aku bilang kalo dia mau, aku kasi no hape si Lili biar dia bisa tuker-tukeran info, kan mereka berdua hobinya sama tuh? Eh pas aku kasi no hapenya dia bilang gitu??” Minggu pagi sahabat saya itu uda berkicau ribut di telepon.


”Ya uda... filingku dia tuh tipe pria playboy de? Eh bukan pria, tapi COWOK dink hehe yaah ga usah dijelasin juga uda jelas ko kalo dulu tuh cuma perasaanmu aja... beres kan? Toh kamu uda menebusnya dengan berusaha mencarikan dan memberikan sesuatu yang mungkin berharga bagi dia... Nah sekarang tinggalkan dia... Tutup buku tentang dia, simpan buat cerita anak cucu besok tentang hal bodoh binti konyol yang pernah kamu lakuin, yaitu first love pada waktu, tempat dan ummmmmm yaah mungkin pria yang salah??? heheheeheh ”


”Yaah seperti si Chacha pernah bilang, memang menyakitkan kalo cinta kita ditolak, tapi lebih menyakitkan lagi kalo kita tidak pernah bisa mengungkapkan cinta kita... Fiuuuhhh cinta? Aku juga ga ngerti ko bisa-bisanya sih aku suka sama dia?? Hehe bodo ah! Eh tar siang jalan yuk cari-cari bukunya kick andy! Keanya tuh lebih penting de!”


”Okeh!”


Dan begitulah, akhirnya sahabat saya itu menyudahi kisah cintanya yang ga jelas selama ini dan berusaha membuka lembaran baru yang lebih baik lagi.


Tapi, namanya juga cinta. Sinetron bilang, cinta gak pernah salah kan....


***

3 komentar:

miranda mengatakan...

Wah...boleh comment ga?? *nanya sembari tetap nulis comment*

Gua bukan pembela pria..tp pendapat ttg cowo pemalu atau mgk sok malu2 adl pria playboy....seeetttt dah kasian amat buat cowo2 yg emang benar2 pemalu lgs dicap playboy....

but opinion and story should be share isn't it?

Miranda mengatakan...

jeng lajang....
kok ga update cerita lajang lagi???

idiluam mengatakan...

Hidup lajang !!!