Minggu, 10 Mei 2009

d'LAJANG'z part 3 : Criminal News n The Parent Care's

Maraknya berita-berita kriminal di televisi memang memberikan banyak pengaruh bagi masyarakat pemirsanya. Baik itu pengaruh negatif maupun pengaruh positif. Pengaruh negatifnya, mungkin bisa menimbulkan phobia yang sebenarnya ga perlu-perlu amat. Kalau pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan adanya kejahatan dimanapun juga *yup! 100!! duh bahasanya bikin inget jaman SD pas pelajaran bahasa Indonesia…*. Dan bagi seorang lajang seperti saya, pengaruhnya adalah …

Shubuh yang sejuk…

“Assalamualaikum, ya mah …” jawab saya di hape.

“Keke kamu lagi dimana sekarang?”

“Eehh…” sebelum sempat menjawab -tapi mungkin emez (ibu) uda tau lah saya dimana? Ga mungkin kan shubuh - shubuh saya lagi nongkrong di atas tiang listrik- emez sudah langsung kuliah shubuh.

“Nak tar siang kamu ga usah kemana-mana ya? Bahaya? Tahu tidak, kemaren di tipi ada berita ancaman bom di mall! Mama jadi khawatir kalo ingat kamu… tadinya pengen langsung telpon, tapi pasti kamu lagi di kantor dan ga bakalan ngeh mama ngomong apa. Sekarang kan weekend, jadi mendingan kamu di kost saja nak… ngaji keq, wiridan… gak usah pergi-pergi ke luar kota… kemaren yah di tipi juga ada berita pencopet ibu-ibu lagi di pasar,haduh serem de! Terus tuh ada lagi berita tentang penjahat yang lagi ………”

1 jam kemudian,

“Nah ini di tipi juga ada berita perampokan, eh coba kamu liat di tipi tuh! Haduh perampokan di kost-kostan! Astaghfirullah… kamu jangan di kost aja kalo gitu nak? Oh ato di kost aja? Kunci jendela dan pintu rapat-rapat! …..”

Dan begitulah reaksi emez saya tercinta yang lagi panik dan bingung mau mengevakuasi saya kemana gara-gara keseringan nonton berita kriminal di televisi….

Dan begitulah, pagi menjelang yang harusnya cerah ceria berasa semakin dingin …

Keesokan sorenya …

“Ke, hapemu bunyi tuh!”

“Assalamualaikum, ya pah…”

“Keke kamu lagi dimana? Ingat pesan mamamu kemaren ya? Ga usah kemana-mana… Biar diajak temen-temenmu juga hati-hati! Tuh di TV ada berita perempuan mati diracun temen-temennya… kalo ada minuman-minuman ato makanan-makanan ga jelas dari temenmu ga usah diminum dan dimakan… Ingat ya nak, jaga kehormatanmu… kalo jalan sama laki-laki jangan berduaan… terus…”

“Hah? Minumannya diracun temen-temennya pah? Maksudnya?? ” spontan saya menjawab dengan keras di hape saking bingungnya. Dan spontan pula temen-temen saya kompakan menunjukkan perhatian dengan antusias yang sebenernya ga perlu banget ituh (huufff kalo diinget-inget jadi nyesel dee gara-gara keceplosan, langsung dibantai habis-habisan!).

30 menit kemudian … (biasalah bapak-bapak cerewetnya memang “hanya” separoh dari seorang ibu)

“iyah pah waalaikumsalam…”

“Waa yang lagi dipantau mami papi hihihih cieh cieh awet muda dunk kan masi dianngap anak es em pe? Hwahahahah Eh eh kopinya jangan diminum!! Ga nyadar yah tadi habis kita kasi baygon mix selai kacang lhooo kekekekeekek…” tawa plus pandangan takjub sohib-sohib saya yang seakan-akan habis ngeliatin kejadian langka di meja mereka …

Saya ga begitu peduli dengan gojlokan temen-temen *okeh okeh agak sebal sii wajar khan hehe*, saya hanya syok karena kenyataannya saya memang lagi hang out di café. Minumannya si jelas, kopi. Tapi makanannya yang ga jelas, karena waktu itu saya lagi pesan makanan India yang kata si Mbak pelayannya enak banget. Dan begitu di coba rasanya memang aneh ga jelas karena mungkin ga sesuai dengan lidah saya. Masa iya karena diracun sama tukang masaknya?? Salah saya apah?? Mungkinkah ada konspirasi sibalik kasus saya dan bapak Antasari Azhar!! *lho???* Selaen itu saya juga ngerasa bersalah karena membohongi ortu saya tiap kali ditanya, lagi dimana? Saya jawab, lagi di kost. Saya khawatir kalo saya bilang yang sebenarnya, mereka bakalan panik dan telpon polisi hehehe *meski kadang-kadang saya pikir seru juga kali yah? Lumayan kan kalo masuk berita di tipi jadi rada terkenal dikit, hohohoho*

Saya agak maklum dengan sikap mereka, karena saya pikir itu adalah salah satu bentuk kasih sayang mereka terhadap anaknya. Tapi kadang-kadang saya juga prihatin bahkan terhadap diri saya sendiri. Haloo mah pah kalendernya belum diganti yah? Ini bukan taon 80an lagi? Abadnya aja uda ganti?? Untuk ukuran kota kecil, usia anakmu ini harusnya uda punya anak yang mulai masuk TK lhoo… jadi, anakmu ni uda dewasa bangett hehe…

Sebenarnya, pengalaman saya itu tidak lepas dari kultur adat di Indonesia yang memang masih melekat sangat kuat. Terutama bagi masyarakat di kota kecil. Dan saya adalah salah satu contohnya *hehe bukannya narsis c, pengennya posting pengalaman orang laen, tapi belakangan ini yang curhat lagi sepi? Hihihi* Dimana ortu saya masih sangat teguh berpendapat bahwa selama anaknya masih lajang, maka merekalah yang tetap bertanggung jawab atas anaknya, sampai si anak menikah *minum green tea 1 galon*. Nah, dan saya sebagai salah satu lajang yang hidup di perantauan *gaya bicara ala pejabat tinggi lagi di podium*, perempuan pula, jadi ortu saya hobi banget memantau kehidupan anak perempuannya setiap hari untuk memantau pertumbuhannya…(hehe memang balita?) bukan dunk, tapi pergaulan saya. Dan memang butuh kesabaran tinggi sii tiap kali mencoba memahami sikap mereka…

Besoknya …

“Keke tiap kali ke luar kota hubungi mama yah? Tahu tidak, tadi berita di tipi bilang ada anak kecelakaan pas keluar kota gara-gara belum pamit sama orang tuanya ….”

“...................” sibuk menganalisa maksud perkataan emez, ngancem ato peringatan ato ???



3 komentar:

T A T A R I mengatakan...

hahaha, emang ribet jadi lajang

Unknown mengatakan...

hehehe...bukannya semua emak seperti itu??
My mom pun dulu begitu..ampe gua ga bolehin nonton tipi berita kriminal...

Diikutin aja kata2 mami papi...gak ada salahnya kok!!!

Anonim mengatakan...

dulu??sekarang?? hehe