Senin, 30 Maret 2009

The Wedding : Antara Jawa dan Madura (posting di kantor,jadi rada ribet hehe)


Ada apa dengan wedding ala Madura dan Jawa? Bukannya mirip yah? Itulah komen dari beberapa temen yang sempet saya ceritain tentang perbedaan wedding party antara Jawa dan Madura. Terutama yang dari luar Jawa. Nah meskipun saya sendiri berasal dari Madura, tapi karena kelamaan di Jawa dan mungkin saya uda ga pernah hadir di wedding party ala Madura jadinya saya lupa bagemana tata krama kalo hadir sebagai tamu yang baek hehe *maap sa...*

Ceritanya ni, saya dapet undangan nikah dari temen di Pamekasan Madura. Saya seneng banget, karena rasa-rasanya saya uda lama ga pernah menghadiri pernikahan di Madura. Jadi de saya berangkat sore hari langsung sepulang kantor bersama 2 orang temen, sementara ni pestanya dimulai jam 7 malem. Dan kami berangkat jam 4 sore. Buru-buru banget de... Tapi demi temen, kami si rela-rela aja.

Akhirnya berangkatlah kami naek kapal setelah sebelumnya kami janjian ketemuan di pelabuhan tanjung perak. Dengan membawa kado, tas berisi baju pesta dan make up ala kadarnya, juga oleh-oleh buat tukeran dengan 2 orang temen saya, kami berangkat dengan hati gembira *
tralala trilili*

Hampir jam 7 malem, kami tiba di Pamekasan. Dengan membawa barang-barang bejibun kek orang lagi mo ngungsi, sebelum ke gedung kami putuskan dengan musyawarah mufakat mampir dengan ikhlas di terminal Pamekasan untuk ganti baju dan berdandan ala kadarnya di kamar mandi yang tralala wanginya sungguh natural alias bau pesing *
hikz kalo diinget2 ko ngenez banget si...*

Tibalah kami di gedung dengan penuh perjuangan... Walaupun telat... Pas tiba disana, kami langsung dipersilahkan masuk. Dengan kaki gemetaran karena cape dan pusing gara-gara wangi natural dari tempat kami berdandan darurat, maka kami akhirnya masuk dan langsung menyalami pengantin yang lagi duduk dengan khidmat di panggung dengan perasaan riang tanpa dosa plus cengiran yang dimanis-maniskan sambil berkata "hei ayoh foto-foto dulu dunk...". Herannya, ko pengantinnya malah kaget yah? Waktu itu kami pikir si, pasti karena temen saya (yang lagi nikah) itu ga nyangka kami bela-belain dateng.

Setelah cipika-cipiki dan menyalami pengantin di panggung, dengan riang tralala kami turun dari panggung diiringi pandangan bengong para tamu undangan yang duduk rapi di kursi-kursi ala penonton pertunjukan bakat di gedung.
Wah ko orang-orang pada liatin kita yah? Masa si mereka ga pernah liat tamu se keren kita? hehe begitu de pikiran kami dengan pedenya.

Beberapa lama, barulah saya sadar bahwa -hei ini MADURA bukan JAWA?- Kenapa? Kalo di Jawa, wedding party nya tuh tamu dateng, salaman, cipika-cipiki, foto-foto (kalo yang kenal deket ma penganten) n makan-makan de. Kalo di Madura, tamu dateng, duduk di kursi yang sudah disediakan, nonton sambil ngantuk para kerabat pengantin yang lagi pidato, pengantin dateng dengan pelan ke atas panggung terus duduk, dan piring terbang ke para tamu.
Terus pengantinnya ngapain bukk?? Yah duduk aja kek pajangan di panggung buat tontonan kami, para tamu undangan yang lagi makan dengan lahap...

Sadar atas kesalahan kami yang lebih telat lagi dari kedatangan kami, terutrama saya yang ngerasa ga enak banget karena sebage orang madura juga pastinya lebih tau lah gimana adat tamu pengantin disana. Tapi yah mo gimana lagi? Secara saya terakhir kali waktu SMP de yang pernah dateng ke wedding party di Madura. Setelah itu saya uda ga pernah lagi selaen undangan dari temen-temen di Jawa hehe.
*Maap Sa... Se gaknya kamu jadi punya kenangan tersendiri kan dari kami, temen-temenmu dari planet antah-berantah heuheu*

Penderitaan kami ga berakhir di situ aja. Setelah "dicuekin" (yah mungkin karena lagi repot yah?) pengantin yang mungkin juga gara-gara kelakuan kami yang "merusak" pesta, kami -setelah ketemu beberapa temen lagi,kami pulang jadi berlima- hang out malem-malem di terminal menunggu bus. Sukses nyampe di malang, kami hang out lagi di terminal nunggu angkot jalan karena kami adalah penumpang pertama dan ter-pagi.

And then, dengan body pegal linu seharian naek bus, angkot, dan ojeg, saya ngantor dengan sukses dan terlelap dengan pasrah pas siang hari di kantor ...

(dedicated for : suci, marie, eva, fida n friend'z...thx galz...so amazing trip, right? n 4 sari, we are happy 4 u... )


Tidak ada komentar: