Kamis, 19 Februari 2009

D’LajangZ (part 1)

Ketika saya membaca blog tentang kehidupan para lajang, saya ngerasa, wah asik banget para lajang’z di kota-kota besar… Masih banyak temen-temen senasib buat share, pergi bareng. Dan mungkin keluarga mereka lebih terbuka daripada keluarga para lajang ato yah sebut aja d’lajangz dari kota kecil. Kalo boleh dibilang, keluarga dari kota kecil lebih konvensional banget kalo menghadapi anak-anaknya yang masih lajang atau melajang. Mereka akan berusaha mati-matian agar si lajang cepet nikah.

Salah satunya seperti yang dialami temen saya *selaen saya sendiri tentunya hehehe* yang juga berasal dari daerah yang sama dengan saya meski beda kota, sebut aja Runny *bukan runaway lho…* yang mungkin saking sumpeknya langsung aja presentasi, padahal saya baru ngucapin empat patah kata,

“Kamu ga mudik Run?”

“Malas ah, tar ditanyain mulu kapan nikah? Terus dibanding-bandingin dengan para sepupuku yang uda pada merit n punya anak gituh. Jadi serba salah juga. Kalo keliatan sedih, tar dikasihani? Ih ga banget kan? Tapi kalo keliatan nyante, eh diomelin abis-abisan! Yang katanya ga berbakti sama ortulah? Daripada tar kena migrain, mending ga usah mudik de? Itupun masii aja di telpon bolak-balik ditanyain kenapa ga pengen mudik? Ga kangen ortu? Bikin ortu cemas? terus yang bikin tambah pusing ni, selalu aja diceramahin -kami tuh khawatir sama kamu runny... kamu tuh kan sendirian aja di situ... jauh dari orang tua, keluarga... gak ada yang jagain kamu... pasti kamu kesepian kan?- coba seh ke kamu pikir? Apa gak bikin sesak napas tuh??” selese presentasi, Runny langsung ngabisin lemon teanya (hihihi).

”yah kamu sama aku kurang lebih samalah... kulturnya samah banget! Tapi mo gimana lagi? Namanya ortu? Mungkin itulah bentuk kasih sayang mereka sama kita? Namanya ortu pastilah pengen anaknya bahagia...”

”haduh ikeh! Kita ni uda dewasa tahap 2 lho! Uda 27 taon!!! Ga usahlah mereka tuh segitu-gitunya menekan kita supaya cepet merit! Kita toh bukan anak sekolahan lagi... aku juga yakin ko mereka kek gitu karena tekanan dari luar juga, dari para kerabat, tetangga, pokoknya masyarakat kota kecil itulah! Menurutmu gimana ke??” mungkin saking sebalnya, Runny ga sadar kalo sebenernya dia juga termasuk bagian dari masyarakat-kota-kecil-itu.

”Secara kita ni dari kota kecil dengan budaya yang masi kental apalagi kalo menyangkut lajangers, yaah mo gimana lagi? Ortu ga bakal ngelepasin kita sampe kita nikah kan? makanya aku lebih suka diam, karena kalo aku menjawab kek kamu ke ortumu, bisa-bisa aku tambah disalahin! Termasuk menyalahkan pendidikanku yang katanya si, terlalu tinggi? hehe” bukannya saya sok nyante si, cuma lagi gak pengen ngerusak suasana weekend aja.

”Ugh dasar kau! Ya uda de tar aja kita bahas lagi pas kumpul bareng temen-temen yang laen. Oh iyah, kamu tuh nanya-nanya aku kapan mudik, kamu sendiri?”

”Justru itu makanya aku nanya kamu? Kali-kali kamu punya alasan laen, eh sama aja... makanya aku pikir yah ga perlu lagi jelasin alasanku kan? hehe”

Dan begitulah, selama jalan-jalan sepanjang sore gak henti-hentinya hape sahabatku itu berbunyi yang akhirnya diangkat juga dengan lebih dulu menarik napas dan eye rolling. Sama halnya dengan saya yang menghembuskan napas ketika membaca sms baru dari emez (baca: ibu) yang isinya : weekend bareng siapa? Jangan pergi malem-malem ya! Banyak-banyak berdoa! Ingat, kamu masih single!

Terima kasih mah...

Tidak ada komentar: